TIPS MENGATASI ALERGI MAKANAN PADA BAYI

Mommies pernah kebingungan ketika mendapati bintik-bintik atau bercak kemerahan di wajah atau tubuh si baby? Saya pun belum lama ini merasakan hal yang sama, ketika melihat ada dua bercak dan bintik kemerahan di pipinya Maddie. Setuju dong moms, kalau mommies ga bakal suka melihat wajah si baby yang imut dan mulus dinodai oleh bercak yang kasar/ruam? Duh sedih rasanya! Belum lagi rasa gatal yang dirasakan si baby bisa membuatnya jadi rewel dibanding biasanya.

Saya khawatir itu sejenis reaksi alergi karena makanan yang Maddie konsumsi atau disebabkan oleh makanan yang saya konsumsi karena Maddie masih minum ASI saya. Soalnya beda dengan kulit orang dewasa, secara struktural kelenjar minyak pada kulit baby yang masih belum berkembang sempurna bisa menyebabkan kulitnya lebih sensitif dan rentan terhadap alergi, iritasi dan infeksi.

Terus bagaimana cara mengatasinya jika sudah terjadi?

  1. Yang pertama-tama harus dilakukan adalah kenali dulu moms itu alergi apa? Karena ga semua alergi disebabkan oleh makanan saja, tapi juga bisa disebabkan oleh banyak faktor lainnya, seperti faktor keturunan, biang keringat, gigitan serangga, ruam popok, eksim bayi, debu dan virus.
  2. Untuk mengetahui apa itu benar reaksi alergi karena makanan, ada baiknya mengingat kembali apa saja yang sudah mommies makan 1-2 hari lalu (jika masih ASI) atau apa saja yang si baby konsumsi 1-2 hari lalu (jika sudah belajar makan).
  3. Salah satu cara mudah mengetahui si baby alergi terhadap makanan tertentu adalah dengan menerapkan aturan 4 hari masa tunggu. Artinya mommies memperkenalkan satu jenis makanan baru dan menunggu hingga empat hari sebelum memperkenalkan makanan baru selanjutnya. Biasanya reaksi alergi akan timbul pada 24 jam pertama. Sedangkan masalah pencernaan sendiri bisa terlihat kemudian setelah lewat 1 hari 1 malam. Jadi jika karenanya memberikan efek negatif, segera hentikan pemberian makanan tersebut yah moms.
  4. Penting juga untuk menghindari pemberian jenis makanan yang dapat memicu terjadinya alergi seperti susu, telur, seafood (ikan, kerang, udang, dll) dan kacang-kacangan (bahkan kacang hijau pun bisa menyebabkan alergi loh moms, ini yang terjadi pada Maddie ketika saya memberikan MPASI dengan campuran kacang hijau selama 2 hari). Setidaknya jenis-jenis makanan tersebut jangan diberikan pada baby hingga usia diatas 1-2 tahun. Karena semakin si baby bertambah dewasa, ada kemungkinan reaksi alergi terhadap makanan tersebut akan hilang.

Semoga tips yang saya tuliskan diatas bisa bermanfaat untuk mommies. Pada Maddie pun sudah saya coba terapkan cara-cara tersebut dan berhasil. Sekarang ruam pada wajahnya sudah hilang dan kulitnya kembali mulus lagi. Yeay!


4 thoughts on “TIPS MENGATASI ALERGI MAKANAN PADA BAYI

  1. Iya nih mom Ibrahim saat ini lg timbul bintik2 merah d tubuhnya,, khawatir bget.. Sepertinya alergi ikan gabus,,
    Moga info’y bermanfaat

    Like

  2. Betul sekali, mom. Terkadang suka tidak tega kalo kulit si Kecil ruam karena alergi atau biang keringat gitu, kalo udah gitu harus hati-hati juga untuk memilih produk perawatan bayi seperti sabun dan bedak bayi yang bagus supaya tidak tambah meradang ruamnya.

    Like

Leave a comment